Profil

FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Universitas Sains AL Qur’an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo

Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) UNSIQ merupakan pengembangan dari Akademi Keperawatan (AKPER) UNSiQ Jawa Tengah di Wonosobo yang berdiri pada tahun 1996 dengan SK DEPKES Ri No. HK 00.06.4.3.1218.

Dalam perkembangannya, pada tahun 2010 FiKES UNSiQ memiliki dua program studi yaitu Program Studi D-iii Keperawatan dengan SK. DiKTi No. 235/D/T/K- Vi/2010 dan sudah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan nomor: 005/BAN-PT/Ak-iX/Dpl-Ni/2011 dan program studi D-III Kebidanan dengan SK. DIKTI No. 148/D/O/2010.

Sebagai perguruan tinggi unggulan di Wonosobo, FiKES UNSiQ berusaha mencetak tenaga profesional dalam bidang kesehatan, sekaligus memberikan wawasan Al-Qur’an kepada peserta didiknya. Proses belajar mengajar di FiKES UNSiQ memadukan kurikulum pendidikan kesehatan profesional dengan nilai-nilai keislaman dan ke Al-Qur’anan.

 

Visi Fakultas Ilmu Kesehatan:

Visi FIKES dirumuskan berdasarkan Visi UNSIQ dan bidang garap FIKES dalam lapangan pendidikan. Visi FIKES adalah : “Menjadi fakultas unggulan dalam pengembangan pendidikan kesehatan yang transformatif, humanis, dan Qur’ani pada tahun 2020”

 

Misi Fakultas Ilmu Kesehatan:

Berpijak pada visi tersebut di atas, dikembangkan Misi FIKES sebagai berikut :

  1. Melakukan kajian kesehatan yang bersumber pada ilmu-ilmu Al Qur’an dan menjadi pusat pengkajian dan pengembangan kesehatan
  2. Menjadikan ahli madya kesehatan yang siap pakai, terampil, profesional, handal, kreatif dan inovatif yang dilandasi nilai-nilai humanis dan Qur’ani, sesuai dengan kebutuhan lapangan pekerjaan.
  3. Meningkatkan integritas kepribadian lulusan dan etika profesional yang berakhlaqul karimah.

 

Fasilitas Yang Disediakan

Untuk mendukung kegiatan belajar mengajar, Prodi DIII Keperawatan & Kebidanan UNSiQ Jawa Tengah di Wonosobo dilengkapi dengan fasilitas:

Gedung Kuliah dengan sarana Multimedia; Perpustakaan; Laboratorium Keperawatan dan Kebidanan; Laboratorium Komputer; Laboratorium Bahasa; Bus Kampus; Masjid; Asrama Mahasiswa (Wajib 1 Tahun sebagai sarana pembinaan dan pembekalan bagi mahasiswa dengan pemberian materi keagamaan di malam hari, antara lain: Al-Qur’an, Tajwid, Akidah, Akhlak dan Fiqh serta Khitobah).

 

Daya Dukung dan Keunggulan

  • Dukungan geografis dan cuaca daerah Wonosobo yang tenang dan sejuk untuk belajar sepanjang waktu dengan suasana yang nyaman.
  • Dukungan pesantren sebagai satu kesatuan lingkungan untuk membentuk pribadi muslim yang utuh dan tangguh.
  • Dukungan tenaga ahli yang handal, profesional dan memiliki semangat juang yang tinggi untuk memajukan SDM yang bervisi ke depan.
  • Dukungan teknologi modern untuk menyokong efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan program pendidikan.
  • Dukungan yayasan penyelenggara yang kuat, sehingga dapat menawarkan pendidikan tinggi alternatif yang bermutu dengan biaya terjangkau.